Tuesday, January 18, 2011

CERITA TENTANG USAHA MUNGILKU (MUTENOVNOV)

Tadi ada yang minta mutenovnov sharing tentang pengalamannya dari awal hingga sekarang. Setelah selesai jadi pengen sharing juga ke yang lain. Walau mutenovnov ( http://mutenovnov.blogspot.com/ ) masih imut dan sangat mungil sekali, semoga bisa menjadi inspirasi untuk yang lagi bingung memulai usaha.  

- apa yang ibu persiapkan sebelum memulai bisnis ini?
Sebenarnya dari dulu saya tertarik menjadi wirausahawan. tapi yang ada selalu bingung mau bisnis apa, bagaimana memulainya, tidak adanya modal, dsb.Baru setahun yang lalu secara tidak sengaja saya memulai bisnis ini. Tidak ada yang saya persiapkan. waktu itu saya sedang suntuk mengerjakan thesis. kemudian ibu mertua mengajak untuk menemani beliau belajar merangkai mute. Dengan modal Rp 75.000,- saya beli bahan mute dan belajar merangkainya (ada toko yang menjual bahan mute plus gratis kursus sampai bisa). Saya pilih belajar membuat bros karena simple cara buatnya dan bentuknya lucu-lucu. Setelah jadi bros, iseng saya foto hasilnya dan di share di FB. Eh, ada yang berminat ya dijual. saya buat lagi, ada yang mau beli juga. Dan berkembang terus sampai sekarang. Jadi, yang saya persiapkan waktu itu hanya Rp 75.000,- dan keinginan belajar membuat bros mute:) 

- hambatan apa saja yang ibu temui selama menjalankan bisnis?
Hambatan yang ditemui selama setahun bisnis ini berjalan adalah:
1. Ketersediaan bahan.
Bahan import dari korea dan cina. jadi kadang ada bahan yang sulit didapat dan lama baru tersedia lagi. Apalagi kalau sudah masuk tahun baru atau lebaran. sedangkan di masa tersebut permintaan sedang banyak-banyaknya. 

2. Pesaing atau kompetitor
Sudah banyak yang masuk ke dalam bisnis buat bros mute ini. Jadi ya kue nya semakin sedikit deh:)

3. Masalah kurir atau pengiriman
Untuk pasar dalam negeri, kadang suka telat barang sampai dan suka rusak sampai di tangan konsumen. Untuk pakai packing kayu jatuhnya lebih mahal..
Untuk pasar luar negeri, kendala ongkos yang cukup mahal untuk sekali pengiriman. jadi konsumen suka mundur saat diberitahu biaya pengiriman.

4. Kualitas bahan
Produsen suka menurunkan Kualitas bahan mute seenaknya. Jadi banyak bahan yang kualitas jelek harus kita buang untuk mempertahankan kualitas bros. 

- Apa strategi bisnis yang ibu lakukan untuk mengembangkan bisnis ini? 
1. Setiap bulan kami berusaha menciptakan model terbaru yang unik dan menarik. 
2. Kualitas tinggi yang terus kami jaga. Setiap bros yang dibuat, jika tidak memenuhi standar, akan dibongkar kembali dan dibuat ulang.
3. Selalu berusaha untuk memenuhi kepuasan konsumen.Seperti berusaha tepat waktu pengiriman serta memperhatikan semua komplain dari konsumen, memberikan bonus, disc,dsb.
4. Promosi terus menerus di internet atau mulut ke mulut.
5. Kami posisikan rekan yang membantu membuat bros sebagai partner. Sehingga mereka merasa bagian dari bisnis ini. 

- apa saja tips bisnis untuk menyukseskan bisnis bros ini?
1. jangan pernah puas dengan apa yang diperoleh hingga saat ini. Terus berusaha lagi untuk mencapai hasil yang lebih tinggi.
2. Niatkan setiap usaha adalah untuk ibadah, Insya Allah diberi kemudahan untuk sukses dan berkembang.
3. Pisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Walaupun pemilik, saya diberi gaji setiap bulan dan tidak bisa memakai uang bisnis untuk keperluan pribadi.

yang terakhir bu, saya akan senang sekali bila ibu mau membuatkan analisa bisnis sebagai gambaran bahwa membuat bros ini bisa mendapatkan keuntungan. Berapa modal awalnya, minimal pemesanan sehari, jumlah bros yang diproduksi, harga dan asumsi perhitungan keuntungannya.
Modal awal saya Rp 75.000,-
Karena ada masalah dengan penyimpanan, kami memutuskan untuk membuat bros saat ada pesanan saja. Jadi bros yang diproduksi per bulan sama dengan jumlah pesanan bros.
Harga bros sbb:
Tipe A : Rp 4.000
Tipe B : Rp 5.000
Tipe C : Rp 6.000
Tipe D : Rp 8.000
Tipe E : Rp 10.000
Tipe F : Rp 12.000
Untuk Gelang
Ukuran 16,5cm = Rp 14.000
Ukuran 17,5cm = Rp 15.000
Ukuran 18,5cm = Rp 16.000
Asumsi perhitungan keuntungan pakai % dari penjualan saja ya. Dari total omset, Bahan mute 30%, Gaji pegawai 27%, jasa pengiriman dan Transportasi 6%, lain-lain 3%. Keuntungan sebesar 35% dari omset. 


No comments:

Post a Comment